«

»

Sep 23

Tips menikmati wisata wakatobi dengan aktifitas bawah laut

Wisata Wakatobi terletak di Kapubaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan memiliki sumber daya alam laut yang berpotensi, sehingga tidak heran jika lokasi wisata ini disebut sebagai surga bawah laut karena keindahan terumbu karang dan spesies ikan yang bervariasi disana. Dengan luas area sekitar 1.39 juta ha, mata anda akan dimanjakan dengan panorama bawah lautnya. Pantainya yang jernih dengan kedalaman yang bervariasi, dari datar, menurun ke arah laut hingga berpalung. Sebagian besar wilayahnya dipenuhi terumbu karang dan pasir dengan kedalaman sekitar 1.044 meter dari dasar laut. Saat berkunjung di tempat ini, anda pun memiliki pilihan pulau besar yang dapat dijelajah, yakni Kaledupa, Tomia, Binongko dan Wangi – wangi. Bahkan, wisata Wakatobi pernah menjadi salah satu daerah yang disurvey untuk keindahan alam serta kehidupan di dalam bawah lautnya. Dari hasil tersebut, diungkapkan bahwa tempat ini dipenuhi dengan ragam jenis binatang laut dan juga terumbu karang yang bervariasi.

Apa yang dapat anda temukan dengan berwisata ke Wakatobi?

Wisata Wakatobi sangat mendukung anda untuk menikmati keindahan lautnya dengan kegiatan menyelam. Dengan sekitar 750 spesies koral dan juga spesies makhluk laut yang sangat langka ditemukan di daerah lain, taman ini tentunya menjadi surga bagi para penyelam dunia. Jika tidak melakukan aktifitas diving, anda juga dapat mencoba snorkeling. Untuk menikmati panorama laut, anda dapat menyewa perlengkapan yang dibutuhkan sepertihalnya pemandu dan juga kapal untuk mengantarkan anda ke tempat diving. Sebagai tips untuk anda, pastikan mencari pemandu dengan menghubungi kantor WWF Wakatobi karena mereka memiliki SDM dari penduduk sendiri yagn dapat memandu anda untuk menyelam. Kisaran harga yang ditawarkan pada bulan januari 2013 untuk penginapan dan sewa perlengkapan tersebut dapat mencapai hingga Rp 1.000.000 setiap harinya. Namun, syarat yang harus anda penuhi adalah anda harus bersama rombongan sekitar 4 orang paling sedikit. Dengan harga tersebut, anda sudah dapat menikmati diving di beberapa tempat terbaik yang ada pada daerah wisata Wakatobi seperti di Waha, Tomia dan Hoga. Anda pun  mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan hewan – hewan laut yang  langka termasuk kelinci laut dan juga ikan napoleon yang berukuran besar sekalipun. Suguhan lainnya yang dapat anda temukan adalah menikmati atraksi lumba – lumba, menikmati matahari terbit dan tenggelam di Hoga sebagai lokasi terbaik untuk melihat matahari. Terakhir, anda juga dapat belajar mengenal budidaya rumput laut di Kaledupa dan Wangi – wangi.

IMG_20130807_195820

Bagaimana tips untuk  berwisata ke Wakatobi?

Wisata Wakatobi akan memberikan kepuasan bagi anda dengan mengelilingi tempat tersebut, namun perlu waktu seminggu jika anda ingin benar – benar menikmati wisata ini karena memang banyak sekali tempat yang disuguhkan dan wisata ini memakan perjalanan yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan speedboat yang bahkan jadwalnya tidak tentu. Menyewa speedboat pun bisa saja dilakukan, namun anda harus merogoh kocek lebih. Jika anda ingin berkeliling, sarana transportasi selalu tersedia setiap hari. Bila anda menggunakan jalur kapal laut ke wisata ini, harga lebih murah namun memakan waktu sehingga menggunakan pesawat memang lebih efisien untuk Wisata Wakatobi.